Anak manusia sejak di lahirkan berkembang terus sampai ia mati.Perkembangan anak manusia ini meliputi perkembangan fisik badaniah dan rohaniah,berlangsung secara teratur dan terarah menuju kedewasaannya.Tugas pendidikan membimbing anak agar perkembangannya berlangsung secara wajar dan optimal.Beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan anak adalah :
a. Faktor Keturunan (Heriditas) Anak memiliki warisan sifat-sifat bawaaan yang berasal dari kedua orang tuanya,merupakan potensi tertentu sudah terbentuk dan sukar di ubah.Menurut H.C. Witherington ,dalam Abu Ahmadi (2001) ,heriditas adalah proses penurunan sifat-sifat atau ciri-ciri tertentu dari satu generasi ke generasi yang lain dengan perantaraan sel benih.Pada dasarnya yang di turunkan adalah struktur tubuh,jadi apa yang dirunkan orang tua kepada anaknya berdasar kepada perpaduan gen-gen,yang pada umumnya hanya mencakup sifat dan ciri struktur individu yang diturunkan itu sangat kecil menyangkut ciri dan sifat orang tua yang di peroleh dari lingkungan atau hasil belajar dari lingkungannya.
Beberapa ciri atau sifat orang tua yang kemungkinan dapat di turunkan misalnya; warna kulit,intelegensi,bentuk fisik seperti bentuk mata,hidung,suara berhubungan dengan selaput suara,dan lin sebagainya yang berkaitan dengan struktur fisik individu.
b. Faktor Lingkungan (Environment)
Lingkunga di sekitar manusia dapat di golong menjadi dua jenis lingkungan,yaitu lingkungan abiotik dan lingkungan biotik.Lingkungan abiotik adalah lingkungan mahluk ta bernyawa,seperti batu,air dan hujan,tanah,musim yang di sebabkan iklim karena peredaran matahari,dan sebagainya.Itu semua dapat mempengaruhi kehidupan manusia.
Lingkungan biotik adalah lingkungan mahluk hidup bernyawa terdiri dari tiga jenis yaitu ; a) lingkungan nabati atau lingkungan tumbuh-tumbuhan,b) lingkungan hewani atau kehidupan satwa di sekitar manusia,c) lingkungan manusia,yaitu kehidupan manusia termasuk kehidupan sosial,budaya dan spiritual.
c. Faktor Diri
Guru harus memahami faktor diri yang merupakan faktor kejiwaan kehidupan seorang anak,faktor-faktor ini dapat berupa perasaan ,dorongan untuk berbuat,intelegensi,sikap,kemampuan berkomunikasi dan sebagainya,ini akan berpengaruh dalam tindakan anak sehari-hari.
Beberapa ciri perkembangan kejiwaan anak di kemukakan oleh Abu Ahmadi (2001:220-221),sebagai berikut ;
1). Ciri perkembangan kejiwaan anak TK
- Kemampuan melayani kebutuhan fisik secara sederhana telah mulai berubah.
- Mulai mengenal kehidupan sosial dan pola sosial yang berlaku dan di lakukannya
- Menyadari dirinya berbeda dengan anak yang lain yang empunyai keingan dan perasaan tertentu.
- Masih tergantung epada orang lain,dan memerlukan perlindungan orang lain.
- Belum dapat membedakan antara yang nyata dan khayal.
2). Ciri perkembangan kejiwaan anak SD
- Pertumbuhan pisik dan motorik maju pesat.
- Kehidupan sosial di perkaya dengan kemampuan berkerja sama dan bersaing dalam kehidupan kelompok.
- Mempunyai kemampuan memahami sebab akibat.
- Dalam kegiatan-kegiatannya belum membedakan jenis kelamin dan dasar yang digunakan adalah kemampuan dan pengalaman yang sama.
3). Ciri-ciri Perkembangan kejiwaaan anak SMP
a. Mulai mampu memahami hal-hal yang abstrak(khayal).
b. Mampu berkomunikasi pikiran dengan orang lain
c. Tumbuh minat memahami diri sendir dan orang lain.
d. Tumbuh pengertian tentang konsep norma dan sosial.
e. Mampu membuat keputusan sendiri.
Sumber ; PEADAGOGIK,Drs.Uyoh Sadulloh M.Pd., dkk.
Labels:
Psikologi
Thanks for reading Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Manusia. Please share...!
0 Komentar untuk "Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Manusia"